Jumat, 03 Juni 2011

Cerita Mahasiswa Negeri Seberang (part 2)

Repost seko pesbuk (June, 2nd 2011)

Ada beberapa hal yang menurut temenku dari Thailand itu berbeda, melihat dari kebiasaan masyarakat hingga kebudayaan yang ada di Thailand dan Indonesia, ofcourse tiap2 wilayah punya ciri khas masing2. Beberapa hal itu antara lain :

a. Segi Makanan

Tuh kan makanan lagi...hahaa:), bahasa kerennya makanan kalu di Thailad itu 'haam tamkinn', (sa'elingku kui). Ketika ditanya di thailand itu makannya apa? mereka menjawab ikan (seafood). Jadi kalu di Thailand itu mereka lebih sering makan pake ikan. Kalu nasi sih sama2 nasi, tapi kalu lauknya berbeda. Di Thailand lauknya itu lebih didominasi oleh ikan, berbeda dengan Indonesia yang lauknya lebih didominasi oleh sayuran, sehingga mereka musti nyari2 gitu katanya .."lho mana ini ikannya..??". Kesegaran ikannya juga berbeda, di Thailands ikannya lebih segar dibanding ikan di Solo, mungkin karena Solo jauh dari laut po yaa...hehee...

b. Segi Suhu

Ternyata Indonesia lebih panas dibanding Thailand. Iya sihh secara wilayahnya memang Indonesia aja dilewati garis khatulistiwa sehingga mungkin salah satu efeknya suhu panas.Apalagi di Solo,,puaanasss bangettt!! tapi anginnya di Asrama semilirr di lantai 2, kalu di lantai atasnya agak kenceng, semakin ke ats semakin kencang tiupannya, more over di lantai 5, dulu aku pernah dapet lantai 5, kalu malam itu pintunya sering bunyi, suaranya kaya seruling. Soale kan pintu kamar yang belakang itu kan kalu malam musti ditutup (nek ugag bakalan masuk angin), kan masih ada celah itu di bagian bawah, nah anginnya lewwat situ. Ada teori yang kalu udara melewati sebuah lobang yang kecil dengan kecepatan yang besar ia akan menghasilkan sebuah suara, sama seperti kasus seruling atau kasus Kelainan respirasi kasus obstruksi, pasien juga bakal kedengeran menginya.

c. Segi pergaulan

Subhanallah...semakin berat cobaanya biasanya seorang mu'min itu akan semakin taat. Ini aku bandingkan antara di Inodnesia dan Thailand. Mu'min Indonesia sebenarnya kurang bersyukur apa sihh, wong ya di negaranya itu penduduknya mayoritas beragama islam, kenapa berjilbab sajja masih enggan. Kalu di Thailand itu islam adalah negara minoritas tapi pelaksanaan syariat benar-benar diterapkan, ambil contoh saja dalam berpakaian. Temenku Thailand itu bahkan pernah bilang "Orang yang sholat itu ya wajib berjilbab (perempuan)!!" begitu katanya saat kaget melihat ada seorang perempuan Indonesia yang memakai rok mini yg melaksanakan ibadah sholat, muslimah macam apa itu? kira2 masih adakah yang menghalangi dia untuk berjilbab?? apa ada larangan di Indonesia untuk memakai jilbab?? apakah mereka tidak mampu membeli jilbab? apakah mereka masih ragu dengan apa yang diajarkan dalam Al-Qur'an? Fabiayyi aalaa i Robbikumaaa tukadzdzibann????

Di asrama inipun kami sering dibanding2kan oleh ustadz kami. Kata beliau, contohlah mahasiswi Thailand dalam berbusana, mereka jauh lebih sopan. Mahasiswi Indonesia di asrama ini masih sering ada yang memakai celana pensil, pakaian ketat dll.

Ada satu hal lagi tentang pergaulan, yang saat ini di Indonesia mgkn malah dibilang kolot tapi disana (Thailand) masih dijunjung tinggi karena masuk dalam nilai etik, yaitu pergaulan lawan jenis. Di negeri Thailand pergaulan lawan jenis non mahram itu benar-benar djaga, menjadi sesuatu yang memalukan jika ada yang ber ikhtilat maupun b'khalwat. Sekolahpun mereka dipisah antara laki-laki dan perempuan. Itu khidupan mereka dulu saat masih di thailand.

Namun amat disayangkan, mungkin temen2 akan heran saat melihat anak-anak thailand yang sudah lama tiggal di indonesia, mereka sekarang sudah berani 'jalan bareng' dengan lawan jenis meski hanya berduaan. Kemudian timbul pertanyaan......Apakah itu karena mereka sudah terkontaminasi budaya Indonesia yang katanya mayoritas penduduknya mu'min???

*(dikatakan mu'min karena kebanyakan hanya beriman/meyakini adanya Alloh SWT dan Muhammad SAW adalah utusanNYA, tanpa melakukan rukun islamnya, tidak sholat, tidak puasa, tidak berzakat, jadi hanya bersyahadat saja)........

Mari kita renungkan bersama...

Oh iya ada satu lagi....anak Thailand katanya takud saat berkendara di jalan raya, soalnya disini banyak motor, rame...dan gag aturan....hohooo...

uda itu ajj dulu yaa ceritanya...:)

Tidak ada komentar: