Jumat, 27 Januari 2012

Film "Negeri 5 Menara"


Pengen segera nonton film ini...

Novel pertama karya alumni Gontor ini akhirnya diangkat juga ke layar lebar. Ahmad Fuadi, penulisnya merupakan alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang menuliskan sepotong episode hidupnya saat belajar di Pondok Gontor. Novel Negeri 5 Menara yang akhirnya difilmkan ini menceritakan tentang perjalanan hidup penulis saat mulau lulus SMP yang kemudia dengan terpaksa harus mengikuti keinginan amaknya untuk melanjutkan sekolah di sebuah pondok pesantren. Di sana ternyata dia benar2 bisa merasakan sebuah kesungguhan dalam
perjuangan hingga dapat membuktikan khasiat mantra "manjadda wajada" nya yang dia dapatkan dari ustadz Salman, pengajar mahfudzot sanah ula.

Film ini disutradai oleh Affandi Abdul Rachman, siap dirilis tanggal 1 Maret 2012 mendatang. Lagu dan soundtracknya digarap oleh Yovie Widianto, bereksperimen musik arabian untuk soundtrack film ini. Pengadaptasian dari novel ke bentuk film ini diserahkan pada Salman Aristo, yang juga pernah menggarap kerjaan yang sama untuk film Brownies, Ayat-Ayat Cinta, Laskar Pelangi, serta Garuda Didadaku. Salman juga merangkap menjadi penulis skenario dan produser dalam film Garuda di Dadaku 2. Untuk film adaptasi ini, Salman bekerja-sama dengan M. Rino Sarjono agar menghasilkan skenario yg mumpuni. Proses syuting film Negeri 5 Menara yang berlangsung 40 hari telah dilaksanakan di 4 tempat: Pondok Modern Gontor, Danau Maninjau Sumatera Barat, Bandung dan terakhir di London, Inggris. Kemarin kalu ga salah pas Ramadhan film ini digarap i Ponorogo, soalnya pas itu aku ulang kampung, sempet gag sengaja lewat di tempat pengambilan film yang gag tau ternyata sedang pengambilan act film Negeri 5 Menara, tau gitu aku kan bisa nonton biar bisa masuk film meski pemeran pembantu, entah masyarakat yang lagi jalan2 gitu...hihiiii, ngawurr!

Di dalam film ini, pemeran utama, yaitu Alif merupakan salah satu dari komunitas Shahibul Menara, yang memiliki makna secara bahasa yaitu pemilik menara. Komunitas ini terbentuk gara-gara keisengan Alif bersama 5 orang sahabatnya yang sering nongkrong di bawah menara masjid pondok. Yang akhirnya mengantarkan mereka pada cita-cita masing2 dari mereka untuk menjelajah di negeri 5 menara. Ketika itu ceritanya mereka sedang memandang awan2 di langit, dan memeprsepsikannya menyesrupai sebuah benua, yang pada akhirnya itu menjadi awal kesungguhan mereka yang selanjutnya mereka keras berjuang mewujudkan cita dan membuktikan kehebatan mantra "Man jadda wajada"

Nih dia para pemerannya,
Ada Alif yang diperankan oleh Gaza Zubizareta, adalah pemeran utamanya. Trus ada Baso (Billi Sandy), Said (Ernest Samudra), Atang (Rizki Ramdani), Radja (Jiofani Lubis), dan Dulmajid (Aris Putra)....mereka inilah Sang Shahibul Menara.

Ibuknya Alif (amak) diperankan oleh Lulu Tobing, Kyai Rais diperankan oleh Bang Ikang Fawzi, trua ada Doni Alamsyah memerankan Sosok ustadz Salman Ali, siapa lagi yaa.....

Penasaran banget ma film ini, membaca novelnya aja sudah serasa membawaku ke kenangan masa lalu ketika di ma'had, apalagi nonton filmnya nanti ya, yang bahkan latarnya aja di tanah kelahiranku di Ponorogo..... Pengen nonton bareng2 ma temen2 ma'had sekalian reunian, huehehe.....

Mulai 1 Maret, seluruh bioskop akan digemparkan dengan semangat "Manjadda wajada" dan akan menularkannya kepada semua penontonnya!!!
Man jadda wajada !!! Luar Biasa !!!!

Tidak ada komentar: